Seminar Hukum Perdata, “Lembaga Jaminan Hak Tanggungan”. NaraSumber : Hery Sarmanto,S.H

SEMINAR HUKUM PERDATA

                Dalam menciptakan suasana akademik dan budaya mutu yang baik, Program studi wajib melakukan pengelolaan pembelajaran meliputi penyusunan kurikulum, Rencana Pembelajaran Semester setiap mata kuliah dan menyelenggarakan proses pembelajaran serta melakukan kegiatan sistematik.

                Untuk mewujudkan suasana akademik dan budaya mutu tersebut, Bagian Hukum Perdata pada Program Studi Sekolah Tinggi Hukum Pasundan Sukabumi memiliki tugas mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan Hukum Perdata.

                Dalam kesempatan ini, Bagian Hukum Perdata bermaksud ingin meningkatkan wawasan pengetahuan kepada civitas akademika Sekolah Tinggi Hukum Pasundan Sukabumi khususnya mengenai Lembaga Jaminan Hak Tanggungan.

                Lembaga Jaminan Hak Tanggungan ini diangkat menjadi fokus kajian mengingat arti pentingnya dalam dunia investasi dan perdagangan di Indonesia. Investasi dan Perdagangan memerlukan dana yang sangat besar, dana tersebut diperoleh melalui kredit perbankan. Pemberian kredit oleh bank hutang memerlukan adanya jaminan pelunasan hutang debitur. Adanya jaminan ini merupakan langkah antisipasi terhadap kemungkinan timbulnya resiko dalam pengembalian kredit.

                Berdasarkan hal-hal diatas, Bagian Hukum perdata pada Program Studi Sekolah Tinggi Hukum Pasundan Sukabumi memfasilitasi kegiatan tersebut, menyelenggarakan seminar dengan tema “Lembaga Jaminan Hak Tanggungan”.

Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari diselenggarakan seminar ini adalah:

  1. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis suatu masalah yang berkaitan dengan Hukum Perdata umumnya dan mengenai Hak Tanggungan khususnya;
  2. Untuk lebih memantapkan wawasan mahasiswa terhadap permasalahan yang berkaitan dengan Hukum Perdata umunya dan mengenai Hak Tanggungan khususnya;
  3. Untuk melatih mahasiswa dalam mengemukakan pendapat secara sistematis dan logis;
  4. Untuk lebih meningkatkan wawasan dan penguasaan seseorang terhadap tata cara seminar sebagai suatu kegiatan ilmiah;
  5. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengelola suatu kegiatan ilmiah untuk menunjang keterampilan mengorganisasikan gagasan;
  6. Untuk meningkatkan kualitas sikap dan prilaku mahasiswa dalam berdialog dan dapat mengembangkan ilmu Hukum Perdata umumnya, mengenai lembaga jaminan hak tanggungan.