Unit kegiatan mahasiswa

Resimen Mahasiswa (Menwa) adalah salah satu komponen pendukung sebagai kekuatan sipil untuk mempertahankan negeri sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Menwa bermarkas di perguruan tinggi dan beranggotakan para mahasiswa yang terpanggil untuk membela negeri. Para anggota Menwa di setiap kampus membentuk satuan sebagai salah satu unit kegiatan kemahasiswaan. Komandan satuan bertanggung jawab dan melapor langsung kepada rektor/pimpinan perguruan tinggi. Pembinaan Menwa dilakukan oleh pembantu rektor bagian kemahasiswaan dengan supervisi dari Angkatan Bersenjata.

Dalam kondisi darurat, Menwa harus berfungsi sebagai ‘Resimen Tempur’. Namun, dalam kondisi damai Menwa berfungsi sebagai ‘Resimen pendidikan’, yaitu sebagai wadah untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa/i akan bela negara, nilai-nilai keprajuritan, juga akan latihan kepemimpinan. Hal ini didasari pemahaman bahwa perguruan tinggi merupakan institusi pendidikan ilmu, teknologi dan seni sehingga yang menjadi tugas utama adalah sebagai laboratorium manajemen, kepemimpinan dan kebangsaan. Dengan latar belakang dunia militer dan semangat bela negara, kita dididik untuk disiplin, mencintai tanah air, dan sebagai pelajar tentu kita dididik untuk menjadi prajurit yang cerdas. Tapi diluar semua itu, kita adalah sebuah keluarga yang saling bahu-membahu dalam menghadapi segala rintangan.

 

Kegiatan Pertahun

  1. Pendidikan Dasar (Diksar)
  2. Kursus Kader Pemimpin (Suskapin)
  3. Kursus Pelatih Nasional (Suspelatnas)
  4. Mahir Menembak (Hirbak)
  5. Pendidikan Provoost / Polisi Menwa
  6. (Dikprov/Dikpolmen)
  7. Refreshing Menembak
  8. SAR (Water Rescue, Vertical Rescue, etc)

 

Kegiatan Rutin di Kampus

  1. Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia (17 Agustus)
  2. Upacara Peringatan Sumpah Pemuda
  3. Pengamanan Wisuda
  4. Pengamanan Acara seminar

Paduan Suara Mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum Pasundan (Law In Harmony) adalah salah satu paduan suara mahasiswa yang paling diminati oleh mahasiswa. Komposisi yang dibawakan sangat luas: mulai dari musik klasik sampai dengan lagu daerah dan pop modern, karya-karya klasik sampai dengan kontemporer. Sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) di lingkungan STH Pasundan, Law In Harmony menjadi wadah bagi mahasiswa menyalurkan minat dan bakatnya di bidang musik, khususnya seni suara. Seiring berjalannya waktu, Law in Harmony menjadi penampil di berbagai acara dikampus dalam kompetisi regional, .Perkembangan ini diikuti juga dengan peningkatan kualitas menjadi paduan suara yang lebih baik lagi.

 

 

Jadwal Latihan

Choir

  Rabu dan Jumat, jam 18.30 WIB

Satuan Mahasiswa Pecinta Alam

UKM Futsal